Friday, July 16, 2010

Amris




American Risoles confirm nggak ada di Amerika..ini karangan orang Indonesia sebagai mana orang Malaysia ngarang Air Bandung qiqiqiqi. Pernah seorang teman Malaysia pulang dari Bandung langsung laporan bahwa puas dia mencari2 air Bandung di Bandung tapi nggak ketemu. AQ jawab aja dengan cuex..."lha emang Air Bandung tu nggak ada di Bandung kok...orang Malaysia aja yang ngarang2 " qiqiqi..doi melongo.

Air Bandung adalah minuman es warna merah campuran syrup merah dengan susu n gula lalu dikasi es..hihihi..seger juga sih walo lucu..

Balik lagi ke Amris yang lagi heboooh dimana2, sehingga risoles konventional peninggalan kumpeni kita dulu nyaris terlupakan membuat aq bertanya2 apa iya enak sih. Perasaan risoles isi ragout adalah yang paling best...tapikan aq prinsipnya harus mencoba segala resep didapurku yang berantakan ituh. Jadilah hunting ke NCC n ke seluruh foodie blog yang udah jadi seleb ituh...

Whuaaa..mudah ya..kulit risoles biasa (bedanya cuma pake susu cair) dijejelin dengen isi2 matengan yg siap beli n siap jejel (qiqiqiqi).

Eehh dasar lagi jodoh lagi asyek2 ngaduk2 bahan ntuk kulitnya ada temen telpon..nanyain sesuatu n bilang mo ke Kerteh..yawdah aq ajak mampir kerumah ngeteh2 mbil cooking class dadakan...

Bahan kulit:

# 250 gr tepung terigu
# 1 liter susu cair segar
# 2 bh telur
# 1sdm mentega cair
# sedikit garam
# seujung sdt tepung kanji biar kulit nggak mudah koyak (resep rahasia temenku ituh..it works!!)

bahan isi:
# 4 telur rebus potong 6 (diresep orang2 aq baca potong 4 ajah..tp karena mo hemat ya aq potong 6 qiqiqi..lagian telur yg gede..grade A)
# 4 lembar smoked beef potong 2cm memanjang ( aq gak ketemu smoked beef di mall deket rumah yang ada smoked chicken)
# 4 lembar keju chedaar lembaran potong 2 cm memanjang
# 2 sdm mayones, letakkan dimangkok aduk rata dengan wortel parut (ide ku sendiri mengingat anak2 susah makan sayur)

bahan ntuk menggoreng:
# 2 wajan untuk berganti kalo minyak sudah kotor
# minyak sayur
# 1 buah telor utk melumur
# tepung roti utk membalur

Cara kulit:
# letakkan tepung terigu diwadah, pecahkan telur ditengah2nya, tuang susu perlahan, aduk searah, tambahkan mentega cair n garam. Susu tidak perlu dihabiskan kalau sudah mendapatkan kekentalan yang diinginkan.
Dadar di teflon ukuran 12 cm hingga habis.

cara mengisi:
# bentang kulit, letakkan irisan telur ditengah2, tambahkan seujung sdt mayones,potongan keju n smoked beef/ chicken, Gulung seperti biasa memnggulung risoles. Lakukan hingga habis

cara menggoreng:

# masukkan kedalam telur yg sudah dikocok lepas, lalu gulingkan di tepung roti, goreng hingga kecoklatan. Selesai siap dihidangkan dengan cabe rawit ato saos cabe. Lho! wajan satu lagi tadi buat apa? Kata bu Fatma NCC , tepung roti mudah gosong n banyak yg berguguran diwajan, membuat risoles kloter berikutnya kurang cantik. Jadi kalo minyak udah kotor segera tuang ke wajan satu lagi dgn meninggalkan kotorannya lalu lanjutkan menggorengnya qiqiqiqi....Kalo wajan cuma 1? cepetan pinjem tetangga ah!!

4 comments:

  1. elly... lucu juga yah karangan orang indo, bikin risol amrik. demikian juga dg "air bandung" ada2 aja. tapi kayaknya enakan risol yang biasa kalo ngelihat dari isi di dalam risol amrik.
    waktu kecil juga aku ngasal, bikin 'hamburger' tapi isinya 'telor dadar/mata sapi, selada, tomat, saos tomat dan saos sambal, ditangkup pakai 2 helai roti tawar'. tapi 2 adikku senang juga dibikinkan 'hamburger' kayak gitu.

    ReplyDelete
  2. yennie: iya inikan karena lagi musim aja yen...cobain deh enak banget kalo lagi pana2 n lagi laper tentunya...

    Tapi sama pendapatku enakan yg ragout...
    Btw kalo kepept aq juga mbuat burger kayak dikau...qiqiqiqi...
    masak apa nih say??

    ReplyDelete
  3. wah, el, aku jarang masak kalo gak kepepet. biasanya mertua yg masak. aku cuman bisa masak beberapa macam, yg gak pedes jadi anak2 bisa makan, kata suami, "tolonggg .. help..help... jangan masak tomat+telor lagi" wkaakakkaakk... wong itu yg anak2 bisa makan dan doyan. apalagi aku juga penggemar tomat. mertua juga selalu beli tomat. di rumah stock tomat gak pernah putus

    ReplyDelete
  4. wakakakakak...
    ayo masakin rendang dong si hubby mu yen....

    ReplyDelete

thanks 4 ur comments