Wednesday, April 16, 2014

Puding melon ijo royo-royo


Panas2 menyantap puding adalah kebahagiaan hidup yang tiada tara. Bagai mendapat suntikan tenaga n kelegaan aktifitas hidup dapatlah tetap kita teruskan. Musim panas jangan membuat kriteria jadi buntu n mati. Mikiiirrr...puding apa yg seger dicuaca menyengat ini...maka kebetulan suami puasa, kebetulan Masbar ada tantangan puding, kebetulan ada nutrijel rasa melon, kebetulan dikulkas ada sedikit buah2an..yawdah lah bagai sinetron Indonesia yg penuh kebetulan aq buat lah puding melon ijo royo2 ini.

bahannya simple, mudah, murah n sehat. Ayo kta buat!


Bahan: 
* 1 bungkus agar2 biasa colourless
* 1 bungkuls nutrijel rasa melon
* 8 gelas belimbing air
* 3/4 gelas belimbing gula
* 1sdm pewarna hijau apel
* 8 sdm susu putih kental manis ( boleh diganti 5 sdm susu bubuk)
* secubit garam

Cara:
* letakkan air dipanci, masukkan agar2 n nutrijel, aduk
* letakkan panci diatas api, tambahkan pewarna hijau, gula n garam
* aduk hingga mendidih, lalu masukkan frutty acid bawaan dr nutrijel 
* siapkan loyang atau cetakan atau wadah2 yang anda ingin gunakan untuk meyimpan puding kita ini. Aq menggunakan 3 bh gelas tinggi dan cetakan puding tupperware
* utk variasi letak kan setengah gelas adonan puding digelas tinggi lalu tunggu dia dingin dengan cara meletakkannya secara miring. lalu tuang juga diwadah2 tupperware tadi separuh2 saja.
* sisa adonan dipanci kita tambahkan susu, aduk rata, dan bila puding yang hijau bening sudah keras n dingin kita tambahkan adonan hijau susu untuk memenuhkan wadah2 tadi.
* simpan dilkulkas hingga betul2 dingin n siap dimakan
* hidangkan dengan potongan buah segar...
* makan dingin2 dikala cuaca panas sungguh melegakan n nikmat
* puding baik untuk pencernaan n kecantikan kulit
* untuk anda penggemar healthy food kurangi gula sesuka anda..
* selamat mencoba yaaa....


with love for Masbar!








Saturday, March 8, 2014

Puding susu kedele (soy milk puding)



Assalammualaikum...Bismillah..

Bila hari terlalu panas...
Pandai2lah mencari kesegaran...
walau air putih adalah yang terbaik...
tapi apa salahnya mencoba yang ini...

Segar dan lembuuut mengelus tenggorokan...
sehingga anda mau lagi..lagi n lagi...

Ingin buat sendiri....
tentulah mudah sekaleeee...

Bahan :
* 1 bungkus agar2
* gula 125 gr (atau sesuai selera)
* 6 gelas susu soya ( susu kedele)
* 1 kaleng buah campuran
 * 1 kaleng buah laici
* 3 tangkai buah cheery



Cara:
* letakkan susu soya

dlm panci , tambahkan gula, tambahkan agar2 lalu aduk hingga rata baru panaskan diatas api hingga mendidih
* siapkan sebuah loyang sederhana dan 3 gelas tinggi
* masukkan adonan agar2 kedalam loyang  dan dalam gelas biarkan dingin n mengeras.
* bila sudah mengeras letakkan buah kaleng n laici kaleng diatas agar2 jgn lupa juga untuk agar2 yang digelas.
* simpan dikulkas hingga dingin
 * Siap dihidangkan dengan men topping nya dgn buah cherry...
* untuk lebih cantik n sedap tambahkan es batu...
* Selamat menikmati....alhamdulillah.

Thursday, January 23, 2014

Nasi bakar teri petai


Udah lama juga absen kegiatan IDFB..kangeennn.
Kali ini tantangan beras kayaknya bisa ikutan...
Kebetulan pengen buat nasi bakar...
Kali ini pengen yang unik n wangiiii...hehehehe apalagi kalo bukan petai...
Duuh nggak sabar nunggu hasilnya..dan memang setelah jadi habis dilalap pasukan berani mati kuh hihihihi....
Yok sapa mau nyoba...

Bahan:
* 200 gr Beras Pandan Wangi PureGreen
* 250 ml santan
* 100 gr teri halus bersih tanpa kepala
* 1 papan petai
* 2 siung bawang merah, 5 buah cabe keriting, 2 siung bawang putih n 1 buah tomat ukuran sedang
* 2sdm minyak sayur
* daun pisang untuk membungkus
* garam
* biting untuk mengunci (aq pake stapler hihihihi..)
* panggangan

Cara:
* Cuci beras pandan wangi Pure Green
* beri 1/2 gelas air lalu masukkan juga santan, tambahkan sedikit garam dan  masak seperti biasa dirice cooker.
* blender cabe, bawang merah, bawang putih, tomat jgn terlalu halus.
* cuci teri, kupas petai sisihkan.
* tumis bumbu yang sudah diblender hingga wangi, tambahkan sedikit garam
* masukkan teri n petai tanpa digoreng terlebih dahulu
* bila bentuknya sudah menyerupai sambal teri petai padamkan api n sisihkan dan dinginkan dulu.
* Aduk2 nasi yang sedang dimasak tadi, bila sudah mendidih dan lampu rice cooker sudah bertukar kepada warm masukkan separuh dari sambal teri petai tadi kedalam nasi, aduk rata lalu biarkan nasi masak sempurna hingga tanak.
* siapkan daun pisang anda kira2 sepanjang 15 cm, layukan dan buang  sedikit bagian atas dan bawahnya.
* bila nasi sudah benar2 masak, padamkan rice cooker, ambil 1 1/2 sendok nasi letakkan ditengah2 daun, lalu ambil sedikit ( seujung sendok kecil) sisa sambal teri tadi, letak dibagian tengah nasi, lalu gulung daun pisang, biting ujung atas n ujung bawahnya setelah dirapikan dan dikencangkan terlebih dahulu. Lakukan hingga nasi dan sisa sambal habis
* siapkan panggangan, boleh diatas arang, boleh menggunakan happy call, boleh diatas wajan anti lengket atau juga wajan biasa
* letakkan nasi yang sudah dibungkus tadi berderet2...dengan api sedang, jangan lupa dib

olak balik supaya tidah hangus.
* Dan apa bila daun sudah agak menghitam dan mengering juga bau wangi sudah kemana2 itu berarti nasi bakar teri petai anda sudah siap utk dihidangkan.
* Cukup dimakan begitu saja tanpa lauk lain...
* Rasakan sensasi uniknya..
*Kalau selama ini anda sering makan nasi bakar ayam, ikan, daging, udang, iga...pasti anda akan tau betapa bedanya Nasi bakar Pure Green Teri Petai ini.
* Selamat mencobaaaa..


* Dedicated to IDFB <3 p="">

Friday, January 10, 2014

Thomas The Train..

Assalammualaikum...
Sudah lama nggaj pasang produk2 My messy kitchen...
Duuuh sibuk berkepanjangan...
Bukan alasan banget ya...
semua juga sibuk..
tapi kok orang lain sempaaat aja update blognya hihihihi...
ketahuan banget siapa yg males...:(




Oya kemarin dapet oederan ini..
Bday cake yang berbentuk Thomas the train...
Maunya rasa coklat didalem n disalut fondant biru diluar...
Alhamdulillah yang oeder seneng banget waktu kita anter cakenya...




Perjuangan membuat cake fondant hanya yang pernah ngalaminnya aja yang tahu...mulai dari berjam2 didepan cake...juga berlepotan krim dan stress bila kurang rapi atao bentuknya kok nggak mirip seperti dimaui si pemesan hahaha...
Begitu juga akuuuu...kok ada bagian yang lembek, penyet n miriiing haduuuyh...
Kesabaran sangat diperlukan untuk mengulang atau merombak lagi kalau ada bagian2 yang kurang memuaskan
Akhirnya bila seluruh kemampuan total dikerah kan..hanya Alhamdulillah lah yang bisa keluar dari mulut ini pertanda syukur masih dipercaya customer n diberkahi Allah rezeki...




Tuesday, December 3, 2013

Jamur enoki (golden mushroom) goreng tepung


Jamur Enoki atau Golden Mushroom ini enak n renyah ternyata digoreng tepung.
Selain bergizi tinggi juga cantik n keren untuk penganan sore2 sambil ngopi or ngeteh bareng keluarga.
Iya...sama sapa lagi dong kalo nggak keluarga...
karena keluarga adalah nadi dan detak jantung...
Alhamdulillah keluarga kita masih selalu ada disisi bersama kita...

Gini cara membuatnya ya:
Pertama2 jamur enoki dicuci dulu pelan2...potong akarnya n disiram air begitu saja ya...jangan sampe susunannya jadi berantakan.
Lalu siapkan adonan tepungnya....yaitu 5 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar, 1 cm kunyit n 1/2 sdt garam digiling halus.
Lalu dimangkok ambil 3 sdm tepung gandum/terigu, 1 sdm tepung beras campur jadi satu dan masukkan semua bumbu yang kita sudah giling tadi. Beri sedikit air, aduk rata tambah lagi airnya hingga tidak terlalu kental n tidak terlalu cair.
Panas minyak untuk menggoreng dgn api sedang, ambil kira2  10 batang enoki lalu celupkan didalam adonan tepung lalu masukkan kedalam penggorengan yang sudah panas.Lalukan secukup tempat yang muat diwajan lalu biarkan hingga ia menguning garing kemudian balik. Bila sudah nampak garing angkat diatas piring yg sudah dialas tisu. Goreng lagi hingga selesai.
Boleh dimakan begitu saja n boleh juga untuk lauk makan lho.
Sumpah enak banget..maunya lagi...lagi...dan lagiii..



* sama anakku gorengan yg terakhir.. adonan tepungnya dikasi lada hitam..ih lain lagi sensasinya..bener2 seksiiii...coba deh...

Sunday, December 1, 2013

Mie basah kuah lada hitam


Hari itu si Ayah puasa...
Dari pagi udah mikir mau buat apa ya untuk si Ayah berbuka...
Si Ayah kalo soal minuman pembuka puasa yang penting ada teh panas..
Kemudian ada pembuka yang manis2 seperti kurma atau puding atau yang lain...
Selebihnya terserah...mudah kan...alhamdulillaaah..

So..karena ada mie kering, ada udang.. maka pengen buat mie goreng lada hitam aja tadinya...
Tapi hujan2 pengen buat yang ada kuahnya...
lalu berubah haluan lah dengan hanya memberi kuah dari bumbu2 yang sudah disiapkan...
tak disangka hasilnya sungguh lezaat..lada hitam fresh yang ditumbuk sendiri jadi kuncinya..
kalau pakai lada hitam instant tidak sepedas n sewangi ini hehehehe...
Awas telinga anda berasap!!

bahan:
= 1 bungkus mie lidi/mie siput/mie sanggul/ atau mie apa saja yg anda ada, rebus lalu saring/tapis
= 100 gr udang segar buang kepala n ekornya ( boleh ganti kan, ayam, daging, cumi sesuai selera anda)
= 1 bh telur
= 1 bh bawang merah besar
= 10 siung bawang putih
= 1 sdm lada/merica hitam, tumbuk halus
= cabe merah besar iris tipis , jumlahnya sesuai selera
= 1 bh tomat, potong empat
= sayuran (sesuai selera)
= 1 sdm kecap manis ABC
= 1 sdm minya sayur utk menumis
= daun sup daun bawang , untuk garnish
= 2 gelas air yang sudah diduk dengan 1 sdm tepung maizena/tepung jagung
= garam secukupnya

cara:
= tumis bawang merah, bawang putih hingga wangi...
= pecahkan telur, aduk kasar2
= masukkan udang, aduk
= masukkan lada hitam, aduk
= tambahkan air kuah
= masuk kan sayuran,cabe iris,  garam, kecap manis,tomat, aduk
= jgn lupa garam
= hidangkan dengan meletakkan mie didalam piring atau mangkok, siram dengan kuah lalu ditabur daun sup/ daun bawang/ bawang goreng..
= selamat menikmati ya..
= tidak cocok utk anak kecil..fedes2 berasep gitu loooh hihihihi..



Friday, November 29, 2013

Brownies coklat apel


Assalammualaikum semua...
Moga pada sehat dibawah rahmah n barokah Allah..
Resep ini aslinya pakai buah pear...
tapi apa daya yang ada dikulkas cuma apel...
mumpung lagi pengen..
mumpung lagi rajin..hihihihi..
mumpung mau pengajian... ayo kita buat..
gapapa pakai apel aja...
beda2 tifis kok ama pear...:)

Hasilnya...
Bau wangi coklat apel kemana2...
Memberi kekuatan aroma terapi...
menceriakan pagi..
meringankan langkah ke pengajian...
Moga Allah restui...
moga kawan2 sukai..
moga anak2 n siayah habisi ...hihihihi



bahan:
^ 5 kuning telur n 3 putih telur
^ 200 gr gula
^ 250 gr mentega
^ 1/2 gelas susu segar
^ 150 gr tepung terigu
^ 5 gr tepung coklat
^ 1 sdm tepung dark coklat
^ 1/2 sdt baking powder
^ 4 buah apel dikupas n dipotong dadu n direndam sedikit air garam
^ almond flake utk hiasan

cara:
^ kocok mentega n gula hingga putih dgn kecepatan tinggi
^ masukkan telur perlahan2 dgn kecepatan rendah
^ tambahkan tepung, coklat, dark coklat n baking powder
^ tambahkan susu
^ masukkan potongan apel
^ preheat oven 150 derajat
^ masukkan adonan kedalam adonan 21x 21 yang sudah dioles mergarine n ditabur tepung
^ taburi dengan almond semua permukaan
^ bakar selama 25 menit
^ keluarkan dr loyang n siap dihidangkan

note: separuh bawa kepengajian, separuh dimakan bersama untuk sarapan, moga Allah memberkati.

Sunday, November 24, 2013

telor dadar petai



Hihihihihi...banyak yang mengernyitkan dahi ya???
Mang aneh? nggak kaliii...secara para pencinta petai alias pete pasti udah tau...
karena para pecinta pete itu akan mencoba apa saja untuk memvariasikan pete...hihihihi..*parno
Terakhir mencoba smoothies pete...malah mo muntah qiqiqiqiq *kiddiiiiing...

Telor dadar pete ini mbuatnya simple..
bahannya mudah...
rasanya nikmaattt...

yuk kita mulai buat...
bahannya dulu yaaa...
* 3 buah telur besar kocok lepas
* 1 bh bawang merah iris tipis
* 1 bh bawang putih iris tipis
* 1 btg daun bawang iris tipis
* 1 papan petai buka isinya ..buang yg tak elok
* seujung sdt lada putih halus/merica halus
* garam secukupnya
* 1 sdm minyak untuk menggoreng

caranya:
* campur semua bahan, aduk rata.
* hidupkan api kompor, letakkan wajan rata anti lengket, tambahkan minyak
* setelah minyak panas masukkan adonan telor
* balik bila sudah berubah warna kecoklatan
* siap dihidangkan...

~~ anda tak akan menyesal~~

Saturday, November 2, 2013

Puding kaca aneka buah


Ikut2an latah buat puding kaca ah...
Sebetulnya terinspirasi dari cuaca yang selalu panas...
dan anak2 libur Depavali..so buat yang dingin2 ditenggorokan...
Kalo temen2 lain pilih aneka bunga dalam kaca..maka aq pilih aneka buah ajah ah...
Soalnya punyanya ya cetakan yg bentuk2 buah ini...
Alhamdulillah mbuatnya sangat mudah kok...karena nggak pake macem2..
apalagi kacanya...cuma air, ager n gula doang...seneng banget buat yang mudah2 tapi lucu begini hihihi...



Bahannya:

* 2 bungkus agar2 putih, dgn catatan 1 bks untuk buah yang warna warni, 1 bks untuk yang bening/clear.
* 6 gelas air
* 8 sdm gula
* 5 sdm susu bubuk
* 4 macam warna merah, oren, hijau, ungu, masing2 3 tetes (kurangi sendiri kalo kebanyakan ya bu)
* perasa strawberry, perasa lemon, perasa anggur n perasa pandan ( masing2 1 tetes)

Caranya:

* masak 3 gelas air dengan 1 bungkus agar2, tambahkan 5 sdm gula aduk hingga mendidih
* siapkan 4 bh mangkok untuk 4 macam warna diatas tadi, teteskan setiap warna kedalam mangkok, juga setiap perasa. Warna merah dengan rasa strawberry, warna oren dengan rasa lemon, warna ungu dengan rasa anggur n warna hijau dengan rasa pandan.
* bagi 4 bagian agar2 yang sudah mendidih tadi sama banyak tiap2 mangkok, aduk tiap2 mangkok dengan sendok yang berbeda.
* siapkan cetakan aneka buah.
* lalu masukkan ke cetakan setiap warnanya  hingga habis.


* biarkan dingin n mengeras
* masak lagi 3 gelas air dengan 1 bungkus agar2 dan 3 sdm gula.
* aduk hingga mendidih, matikan api n tunggu agak dingin
* sambil menunggu adonan bening agak dingin, keluarkan agar2 warna warni tadi dari cetakannya.
* susun dalam loyang dengan warna berselang seling.
* bila sudah rapi siram dengan adonan kaca/bening tadi.
* biarkan dingin n simpan dalam kulkas sebelum dimakan.
*selamat mencoba :)


Monday, September 23, 2013

Balado kerang petai

Anda petai lover?
Tambahkan petai dalam apa2 saja masakan anda...niscaya anda akan menemukan suatu kelezatan sensasi yg hanya lidah saja memahaminya?? :p
Mengapa petai?? karena petai itu wangi tiada tara...aromanya memanggil2 anda untuk tambah lagi... lagi n lagi nasi anda...
Tak percaya?? Coba resep yang satu ini...
Ini kisah nyata...lebaran tadi tetangga2ku mau datang berlebaran...karena kue2 sudah habis...rendang n ketupat juga sudah habis maka aq masak balado kerang petai ini, capcay n tempe goreng tepung ajah menyambut mereka, tentu ada juga sedikit cake n puding.
Arggh...sungguh tak sangka mereka menyukai sambal kerang petai ini...mereka tambah n tambah lagi...Alhamdulillah....terbayar semua penat lelah hahahaha...

mau tau resepnya?? Ih super duper mudah....buat yak!!

bahan:
%% 1 kg kerang yg sudah direbus dengan garam n dikupas cangkangnya.
%% 2 papan petai tua di kupas n dipotong 2
%% 10 bh cabe besar
%% 10 bh cabe rawit
%% 2 bh bawang merah besar
%% 1 bh tomat merah besar
%% garam
%% minyak sayur utk menumis




cara:
%% goreng kerang yang sudah dikupas sebentar saja, tiriskan
%% blender kasar cabe, bawang n tomat
%% tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, aduk hingga wangi, masukkan petai lalu kerang aduk hingga air ketika memblender tadi kering, beri garam, aduk rata
%% balado kerang petai kita siap disantap dgn capcay n tempe goreng...
%% sodaaap yang teramat sangat hehehe...


Say it with cupcakes!!

Ketika cupcake menjadi salah satu tempat meluahkan rasa...
Ketika kecintaan kepada Mesir, Syria dan Palestina yang tak habis2 bergolak diluahkan dalam bentuk cupcake. Ada keharuan, kepiluan dan juga simpati dan sayang bersemi disitu. Apalagi bila cupcake ini diberikan pada orang tersayang..yang satu hati dan satu idea dalam membela jalan Allah. Semoga Allah eratkan ikatan kasih sayang diantara mereka.



Dan Yatipun ingin meluahkan rasa sayangnya kepada sahabatnya yang akan berulang tahun. Dia sangat tahu sahabatnya suka warna merah n kuning. Maka jadilah cupcake ini...moga yati n sahabatnya selalu bersama hingga ke Jannah.


Nah kalo Su lain lagi...pesan cupcakes selalu lagi n lagi berulang2 hanya untuk makan anak2nya saja...Anak2nya sangat suka cupcake coklat yg banyak krimnya....ya ampuuuuunn...pasti lucu liat anak2 makan belepotan krim.




Thursday, August 1, 2013

Mie celor


Duuuh kalo inget mie celor..
memang segenap haru biru menggugah rasa..
nikmatnya menikmati mie klasik ini ditepian Musi jaman2 sekolah dulu...
Alhamdulillah udah pinter buat sendiri..
Kalo rindu tinggal buat n dihidang untuk keluarga tercintah.
Buat lagi n tulis lagi resepnya untuk IDFB 11 yang heboh n keren ituh..
Maaf ya bumin...sebenernya udah lama pengen setor..tapi lalu tersipu malu n pilu karena sudah ada yg duluan..hiks...hiks..
Tapi ketika waktunya dah mefet..terpaksa aq setor jugah..karena memang aq mo nyetor kok hahahaha..

Ini resepnya : Bahan:
* 1 bks mie kuning basah
* 10 ekor udang basah ukuran sedang kupas n cincang
* 3 bh cabe keriting, 2 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1/2 sdm merica di blender halus
* 3 gelas santan encer dari seteng bj kelapa
* 3 batang daun kucai iris tipis
* 2 ons tauge, seduh air panas
* 3 bh telur rebus yang sudah dipotong 2
* garam secukupnya
* 1/2 sdm tepung maizena untuk mengentalkan kuah.
* 10 cabe rawit blender untk sambalnya
* bawang goreng utk taburan

cara membuatnya:
* seduh mie dengan air mendidih sambil disaring...sisihkan
* letakkan santan dipanci sedang, masukkan bumbu halus, aduk
* masukkan udang cincang, aduk lagi.
*aduk tepung maizena dengan 1/4 gelas air lalu masukkan kedalam kuah...aduk
* masukkan daun kucai...aduk
* hidangkan mie celor dengan cara ambil mie yang sudah diseduh/ dicelor,atur didalam piring atau mangkuk anda,  lalu letakkan diatas mie tauge yang juga tadi sudah disiram air panas, lalu tambahkan kuah, letak telor diatasnya,  garnis dengan bawang goreng n tambahkan sambal jika mau.
* mie celor siap disantap....silahkan rekreasi ditepian Musi, sekarang dihalaman Benteng Kuto Besak..memang lemak nian oiiii..
* thanks idfb 11...tanpa dikau aq lom tentuh menyamtap mie sesedap ini...:)




Saturday, July 6, 2013

Donat Ubi Ungu


Assalamualikumwarrahmatullah...

Sekian lama....kapok banget bikin donat...
Sekian lama...ngambek sama resep2 donat..
Dalam ati..alaaa...bo'ong...
pasti kalo dibuat keras n berat...
pasti kalo jatuh kelantai bunyinya "gedebuk"...hiks...
trauma tingkat tinggi...

Belakangan ini...hati melunak lagi...
liat resep donat ubi ungu yang lucu2..
kayaknya sedap...
kayaknya mudah....
fengen...
secara aq penggemar ubi ungu...

Bismillah....
Dengan panduan resep Hesti ini... deg2an aq cobalah membuat donat "lagi"..
Hahaha...Hesti memang hebat...resep belio memang anti gagal!! Thanks sist...mwah!!
Jadi daripada nulis resep ulang lagi...silahkan saja anda kunjungi blog hesti ya...karena aq nggak pake modif2an....plek blek ngikutin resep itu saking takut gagalnyah hihihihi...
Selamat mencoba....


Thursday, June 13, 2013

Ikan kembung acar kuning


Assalammualaikum...kebingungan disuatu pagi..






Ikan kembung ini mau diapain??
Itulah yang bermain dalam fikiran sepagi tadi..
Digoreng kecap udah, dibalado udah, diasam pedas udah...
Berlama2 mikir..malah nggak masak2...
Sudah hampir jam 1 siang...
Saatnya untuk makan...
Dengan lunglai....goreng ajalah...
Hmmm...bosannya...




Selesai menggoreng..barulah dapat idea untuk diacar ini...
Sempet ragu2..karena acar kuning adalah tidak pedas sama sekali...
sedangkan kita adalah pencinta pedas...dari dulu..kini n selamanya hihihihi...
Setelah disantap...argggh..sedap juga...
bayangkan bertahun2 nggak mau masak acar ini karena alasan" tidak pedas" doang??
padahal kan bisa dikasi cabe...atau buat sambel diluar...halaaah..kenapa selama ini tidak terfikir ya...

Ayo2...kita buat lagi




Bahannya:
 ^^ 8 ekor ikan kembung ukuran sedang.
^^ 4 bawang merah
^^ 10 cabe rawit merah pedas
^^ 4 bawang putih
^^ 1 cm kunyit
^^ 2 buah kemiri (candle nut/ mlys: buah keras)
^^ 1 cm jahe (ginger/ mlys : halia)
^^ 1 bh wortel (carrot) kecil iris korek api
^^ sedikit merica n ketumbar
^^ 1 cm lengkuas
^^ irisan cabe besar n daun bawang untuk garnish
^^ garam gula

Caranya:
^^ siangi ikan lumuri sir jeruk nipis n garam
^^ goreng ikan hingga garing...sisihkan
^^ blend  bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit , jahe, merica n ketumbar  hingga halus
^^ tumis hingga wangi..
^^ tambahkan cabe rawit
^^ beri garam n sedikit gula
^^ masukkan lengkuas ketuk
^^ masak hingga pekat n wangi
^^ siram bumbu tumis keatas ikan yang sudah digoreng n disusun rapi diatas piring
^^ garnish dengan irisan cabe bear n daun bawang.
^^ ikan kembung acar kuning siap disantap..
^^ selamat mencoba
^^ wassalam




Friday, June 7, 2013

biskuit tradisional kacang rempah


Tantangan Masak Bareng Yuuk datang lagi. Kali ini temanya kacang2an. Duuuh mumet mo buat apah. Setelah kemaren nyoba peyek yang nggak jadi...Jadinya putus asa dan trauma..ciiee..Bener lho kenapa aq nggak pernah bisa buat peyek..huhuhuhu...selalu tebel n nggak garing. Padahal...padahal...ah sudahlah...kayaknya Allah sudah atur untuk peyek kudu beli ajah...jadi masih bisa ngasi rezeki sama orang lain hihihihi...*mbujuk diri sendiri.

Akhirnya teringatlah dengan cookies ini. Biasa...orang penggemar kopi n teh kayak aq harus kreatip nyari teman ngopi n ngeteh...masa bakwan mulu qqiqiqiqi.
Kebeneran ada kacang tanah n kacang almond yang udah lama nangkring di My messy kitchen kuh...harus diolah biar nggak kebuang . Ya buatlah aq biskuit tradisional ini, pake kedua kacang tadi  n bumbu spekoek.
Alhamdulillah seperti biasa..pasukan Desus 99 kuh..hahahaha... selalu kelaparan, palagi Jum'at2 begini...
Makasih n kredit tu mbak Ica yang udah nolongin Bunda moto. Sehingga menghasilkan foto yang keren ituh.

Yuk kita buat...
Bahan:
* 200 gr tepung terigu
* 100 gr coklat bubuk
*1/2 sdt baking powder
* 150gr butter dingin yg dipotong kotak2 dadu
* 100 gr kacang tanah sangrai yg udah ditumbuk kasar
*100 gr kacang almond sangrai yang udah ditumbuk kasar
* 200 gr gula kaster
* 1 sdm bumbu spekoek
* 1 kuning telur
* 3 sdm susu bubuk yg udah dicampur 1/2 gelas air
* 1/4 sdt garam
* coklat putih cair n coklat chip utk garnish

Caranya:

Letakkan tepung terigu, coklat bubuk,bumbu spekoek n baking powder di wadah plastik besar untuk mengadon.
Masukkan butter dingin lalu aduk dengan tangan dengan cara memencet2 butter dan tepung hingga rata, masukkan kuning telur, aduk rata lagi.
Tambahkan gula, aduk rata.
Masukkan semua kacang aduk rata lagi.
Terakhir masukkan susu n garam aduk rata.

Siapkan loyang besar yg udah dilapisi kertas roti.
Gunakan 2 sendok kecil untuk menata diloyang, satu untuk mengambil, satu sendok lagi untuk mendorong n merapikan susunan biskuit di loyang.
Lakukan hingga adonan habis.
Letakkan sambil ditekan2 3 biji coklat chip diatas setiap biskuitnya.
Bakar dioven 150 derajat celcius selama 30 menit atau tergantung oven masing2.
Bila sudah matang, garnish dengan coklat putih cair .
Selamat mencoba ya...
kalau ketagihan jangan salah kan aq ya hihihihi..




Thursday, June 6, 2013

Sambal Matah Bali


Sambal Matah ini katanya sangat cocok untuk makan bareng dengan sate lilit Bali yang baru kita buat kemarin.
Sesuai dengan namanya mungkin kita dapat menebak bahwa sambal ini adalah sambal mentah. Tanpa dimasak, tinggal potong2 n cincang2, campur2, jadi!
Sambal matah tentu juga sangat enak makan dengan ikan goreng atau ikan bakar atau apa saja yang memerlukan sambal deh...
Sekali lagi hanya orang Bali yang bisa komen tentang hal ini.
Tapi secara umumnya aq suka sambel ini...paling nggak untuk aq akan aq kurangi penggunaan minyaknya...maklum booo umur ma berat badan mulai mengguncang kestabilan politik nih hihihihi
Ayo yuk kita buat!

Bahan:
5 cabe keriting pedas
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 batang kecombrang (bunga kantan/bunga kecicang/ginger torch)
1 batang serai
1/2 sdt terasi bakar
1/2 sdt gula
sedikit garam
perasan air limau
3 sdm minyak sayur

Cara:
Cincang halus semua bahan, campurkan jadi satu, tambahkan terasi hancur2an, gula aduk, minyak  aduk rata, air limau aduk lagi dan terakhir garam aduk rata lagi.
sambal matah siap dihidangkan. 
Selamat mencoba

 



Wednesday, June 5, 2013

Sate lilit Bali




Sate Lilit Bali memang khas n sedap...
Wanginya merebak keseluruh rumah...
Yang paling Alhamdulillah adalah semua suka melahapnya..
terbayarlah semua penat lelah n keringat melihat semua anggota keluarga melahap penuh nikmat...
Dan yang sungguh hebatnya....aq bisa membuatnya sodara2..hahaha..
Walo belum pernah ke Bali...*pernah sih dalam mimpi...honeymoon hihihihi...
Bagian yang aq paling suka adalah membakar n membolak balik sate lilit ini...
sehingga aq merasa aqlah tukang sate yang sebenarnya hahaha...
Udah ah ketawa mulu...
Berikut adalah resepnya yah..

Bahan: 



1 kg daging ikan tenggiri giling
1/2 kg daging ayam giling
200 gr tepung kanji
6 bawang merah
4 bawang putih
3 cabe merah besar
1cm jahe
1 cm kunyit
1 cm kencur (kalau ada)
1/2 sdm ketumbar
sedikit terasi
3 lembar daun jeruk purut yg sudah diiris halus2
1/4 sdm gula
1/4 sdm garam
20 batang serai yg sudah dibersihkan

Cara: 
Campurkan daging ikan n daging ayam giling.
blender dgn sedikit air  semua bumbu yaitu bawang merah, bawang putih,cabe, jahe, kunyit, kencur, ketumbar, terasi gula n garam.
campurkan bumbu halus dengan daging giling.
tambahkan tepung kanji, aduk rata.
tambahkan daun jeruk purut halus aduk rata lagi.
cicip sedikit, kalau sudah cukup rasa ambil segenggam kecil 
lalu genggam2 n tekan2 ditangkai serai hingga rapi n padat.
buat hingga adonan habis.
siapkan api n bakar diatas teflon atau panggangan, atau wajan happy call anda atau apa aja yg bisa membuat sate lilit ini matang...
oles dengan sedikit minyak sayur agar tidak lengket n menambah kewangiannya
awas jangan sampai hangus
lakukan hingga semua matang..
Siap disantap dengan nasi panas n lauk lainnya..
di Bali katanya makan sate lilit dengan sambal matah
nanti aq share juga ya resep sambal matahnya
selamat mencoba :)


Saturday, May 25, 2013

Lapis Kojo Palembang for idfb 10



Assalammualaikum buibu..

Akhirnya setelah mengaku 20 tahun tinggal di Palembang maka inilah moment paling indah dalam hidup kuh (cieee mulai lebay lagi) karena sudah berhasil membuat Lapis Kojo ini.

Aslinya sih bolu kojo di Palembang nggak dilapis2...tapi belakangan...dengan diinspirasi maksuba mungkin maka belakangan lapis kojo juga meraja lela.

Nggak ada yg spesial banget perbedaannya...selain ada lapis2nya itu. Makasih Andrie n Pepie yang sudah mencereweti aq untuk mencobanya. Memang kue2 Palembang biayanya gedeee hahahaha...bayangin ajah telur bebek n santannya udah menguras kantongku yang emang udah kempes ini qiqiqiqi. Kalu nggak jadi memang aq akan nangis bombay barabay. Tapi alhamdulillah...Allah beserta orang2 yang sabar hihihihi...Walo belom puas banget dengan penampakannya (maklum percobaan pertama...alasan!!) namun dari segi rasa bolu kojo emang seksiii...nyanten banget n wangiii ...Duh kalo dijual berapa yak seloyang ( otak bisnisku mulai jalan :))

Akhirnya makasih idfb 10 yang sudah memberikan kesempatan ini. kalo nggak ada tantangan2 begini memang asli aq nggak bakalan nyoba...secara penyakit malesku belom sembuh beneerr....

Mari dimari dicoba...aq pake resep Tabloid Nova http://www.tabloidnova.com/Nova/Sedap/Kue/Lapis-Kojo...
dan karena baru  nyoba aq pake 1/2 resep dulu ( takut rugi wkwkwkwk)

Bahan:

* 5 telur bebek
* 5 telur ayam
* 300 gr gula pasir
* 1/2 sdt garam
* 500 ml santan pekat dr 2 bh kelapa tanpa campuran air
* 50 ml air daun pandan n suji ( aq pasta pandan n air daun pandan aja...nggak ada daun suji disini booo)
* 100 gr tepung terigu






Cara membuat:
* Alas loyang 18 cm dengan kertas roti n oles dengan sedikit mentega.
* Aduk telur ayam, telur bebek n gula dengan mixer atau whisker sebentar saja, hingga gula larut saja.
* letakkan dalam 1 wadah,  santan, garam, air pandan. Tuang kedalam adonan telur n gula tadi ...aduk rata lagi,
* masukkan tepung perlahan2 sambil diayak, aduk rata lagi.
* panaskan oven 150 derajat celcius
* tuang 2 cm adonan kedalam loyang lalu bakar selama 5 menit, kemudian tambahkan api atas untuk lapis2 yang cantik n coklat. ( aq kurang cantik hasilnya huhuhuhu...)
* keluarkan dari oven, tekan2 dgn menggunakan penekan lapis legit yg berbentuk seperti setrika kecil ( banyak dijual di toko kue)
* lakukan hal serupa berulang kali sampai adonan habis.
* bila sudah habis bakar lagi selama 25 menit.
* keluarkan dr oven n loyang...siap di iris n disantap
* ini adalah kue warisan budaya Palembang....kebanggan wong kito galo hehehehe..
* selamat mencoba
* untuk idfb 10





Saturday, May 18, 2013

Ketam masak asam manis (sweet sour crab)


Assalammualaikum wr wb sahabat.. apa kabar??
Ceritanya sibungsuku tiba2 minta dimasakin ketam....
eh ketam tahu kan teman?? itu rajungan alias kepiting...
Biasanya aq selalu digulai ...
tapi kali ini pengen ganti selera ah..
ya..kali ini aq masak asem manis...
Duuuh lagi2 aq teringat sahabat ku mbak ncul yang suka ngidangin ini kalo kita main kerumahnya..

Yang lucunya... kami sekeluarga ada bakat alergi sama ketam...
Jadi kita makannya kita suka cepet2 n langsung cuci muka, cuci tangan pake sabun..
lalu juga kumur2 lama2 atau malah gosok gigi...hihihihi..
tapi judulnya teteeeep doyan....

Baiklah ini cara membuatnya:

Bahan:
* 1 kg ketam betina ukuran besar (biasanya lebih besar lebih banyak dagingnya)
* 2 bawang bombay iris 2 cincin
* 6 siung bawang putih geprak
* 2 cabe besar potong miring
* 2cm jahe iris tipis
* 300 gr saus tomat botol
* 2 sdm saus tiram
* 2 sdm kecap inggiri ABC
* 1 sdm minyak wijen
* 1 bh wortel diris tipis2 korek api
* 3 sdm saus cabe
* 2 gelas air putih
* 1/2 sdm bubuk merica
* garam secukupnya




Cara:
* Siangi ketam, potong 3, patahkan kaki2 yang besar, basuh
* tumis bawang bombay, bawang putih n jahe hingga wangi
* masukkan wortel, aduk rata
* masukkan saus tiram, saus cabe, kecap inggris n minyak wijen, aduk rata
* masukkan saus tomat, aduk
* masukkan ketam, aduk pelan, tambahkan air, aduk pelan lagi...
* terakhir tambahkan bubuk merica n garam, aduk pelan
*tunggu hingga mendidih n kulit ketam memerah..
*ketam asem manis siap dihidangkan