Saturday, May 25, 2013

Lapis Kojo Palembang for idfb 10



Assalammualaikum buibu..

Akhirnya setelah mengaku 20 tahun tinggal di Palembang maka inilah moment paling indah dalam hidup kuh (cieee mulai lebay lagi) karena sudah berhasil membuat Lapis Kojo ini.

Aslinya sih bolu kojo di Palembang nggak dilapis2...tapi belakangan...dengan diinspirasi maksuba mungkin maka belakangan lapis kojo juga meraja lela.

Nggak ada yg spesial banget perbedaannya...selain ada lapis2nya itu. Makasih Andrie n Pepie yang sudah mencereweti aq untuk mencobanya. Memang kue2 Palembang biayanya gedeee hahahaha...bayangin ajah telur bebek n santannya udah menguras kantongku yang emang udah kempes ini qiqiqiqi. Kalu nggak jadi memang aq akan nangis bombay barabay. Tapi alhamdulillah...Allah beserta orang2 yang sabar hihihihi...Walo belom puas banget dengan penampakannya (maklum percobaan pertama...alasan!!) namun dari segi rasa bolu kojo emang seksiii...nyanten banget n wangiii ...Duh kalo dijual berapa yak seloyang ( otak bisnisku mulai jalan :))

Akhirnya makasih idfb 10 yang sudah memberikan kesempatan ini. kalo nggak ada tantangan2 begini memang asli aq nggak bakalan nyoba...secara penyakit malesku belom sembuh beneerr....

Mari dimari dicoba...aq pake resep Tabloid Nova http://www.tabloidnova.com/Nova/Sedap/Kue/Lapis-Kojo...
dan karena baru  nyoba aq pake 1/2 resep dulu ( takut rugi wkwkwkwk)

Bahan:

* 5 telur bebek
* 5 telur ayam
* 300 gr gula pasir
* 1/2 sdt garam
* 500 ml santan pekat dr 2 bh kelapa tanpa campuran air
* 50 ml air daun pandan n suji ( aq pasta pandan n air daun pandan aja...nggak ada daun suji disini booo)
* 100 gr tepung terigu






Cara membuat:
* Alas loyang 18 cm dengan kertas roti n oles dengan sedikit mentega.
* Aduk telur ayam, telur bebek n gula dengan mixer atau whisker sebentar saja, hingga gula larut saja.
* letakkan dalam 1 wadah,  santan, garam, air pandan. Tuang kedalam adonan telur n gula tadi ...aduk rata lagi,
* masukkan tepung perlahan2 sambil diayak, aduk rata lagi.
* panaskan oven 150 derajat celcius
* tuang 2 cm adonan kedalam loyang lalu bakar selama 5 menit, kemudian tambahkan api atas untuk lapis2 yang cantik n coklat. ( aq kurang cantik hasilnya huhuhuhu...)
* keluarkan dari oven, tekan2 dgn menggunakan penekan lapis legit yg berbentuk seperti setrika kecil ( banyak dijual di toko kue)
* lakukan hal serupa berulang kali sampai adonan habis.
* bila sudah habis bakar lagi selama 25 menit.
* keluarkan dr oven n loyang...siap di iris n disantap
* ini adalah kue warisan budaya Palembang....kebanggan wong kito galo hehehehe..
* selamat mencoba
* untuk idfb 10





No comments:

Post a Comment

thanks 4 ur comments

Post a Comment