Saturday, October 9, 2010

lemper potong


Karena kalo mbuat lemper bungkus yang bulet2 ituh aq selalu kegedean maka ketika kak Yus order lemper tuk acara open house rayanya maren aq sarankan lemper potong ini ajah. Walo doi masih bingung yg bentuknya gimana aq bilang pokoknya kiut deh qiqiqiqi...

Yep, Kak Yus setuju maka mulailah acara berjibaku n bergelimang ketanku maren..
Hiks...finishingnya emang makan waktu banget...mpe bu Jun call kok lemper lom dateng padahal tamu dah mulai ada yg dateng langsung dr sholat Jumat. Maka ngibritlah aq nganter 90 biji lemper dulu secara yg 10 lagi lom selesai dibalut ..tuluuuungg..
Yang 10 nyusul belakangan waktu kita jadi tamu..qiqiqiqiq...jadi kayak bawa oleh2..padahal itu lemper yg sisa 10 biji tadii....

mau coba?? siapi bahan2nya dulu ya..

Alat2: plastik ntuk membalut lemper yg udah didaunin, selotip, pisau yang tajam ntuk memotong lemper, cetakan segiempat (bisa loyang ato tupperware)

Bahan: daun pisang ntuk membungkus, 1/4 kg ketan, , 400 gr ayam giling.

Bumbu isi: 5 bawang putih, 4 bawang merah, 3 kemiri,500 ml santan kental,1/2 sdt ketumbar, 1/4 sdt jintan, 1 btg sereh, 1cm laos, 3 daun salam, 3 daun jeruk

Cara: rendam ketan 2 jam sebelum ditanak. Tanak dengan 300ml santan n sedikit tambahan air agar ketan tak terlalu keras..lebih lunak lebih enak, jangan lupa beri 1/2 sdt garam. Aduk terus selama menanak, setelah air mengering kukus hingga masak 15 menit.
Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, jintan. Tumis bumbu ini hingga wangi, masukkan daging ayam giling, 200 ml santan, aduk rata hingga matang, masukkan laos n sereh yg sdh digeprek, daun salam n daun jeruk. Jangan lupa garam n seujung sdt gula. Sisihkan.


Siapkan cetakannya, alas dengan plastik yg lebih besar dari cetakan tersebut supaya nanti ketan yang dicetak n ditekan2 mudah untuk diangkat.
Ambil beberapa sendok ketan tekan2 diloyang dengan ketebalan kira2 1 cm. Tekan hingga padat, bagus sekali kalau anda punya alat penekan yang bentuk nya seperti setrika ituh qiqiqiqi..

Ambil isi ayam tadi taburkan rata diatas ketan yang sudah ditekan padat tadi hingga menutupi seluruh permukaannya.

Bila sudah rata tutup lagi dgn 1 cm ketan, tekan lagi hingga padat.

Keluarkan ketan yang sudah dicetak dari cetakannya dengan cara mengangkat plastik alasnya tadi. Siapkan pisau yang tajam, kalau perlu asah dulu sebelum digunakan. Potong lemper sesuai ukuran yang anda inginkan dgn cara membungkus pisau anda dgn plastik, ato kalo repot bisa anda olesi pisau anda dengan minyak sayur.
Lalu balut dengan daun pisang yg sdh disiapkan ukurannya selebar sisi2 lemper tsb kemudian akhiri dengan membalutnya sekali lagi dengan plastik n kunci dengan sedikit selotip.



Lemper anda dah siap dihidangkan untuk arisan, kenduri n hantaran anda. Rapi, bersih n gayaaaaa...

5 comments:

  1. Ayuuukkk.....
    kangen deh.. hihihihi
    aduh, liat lemper ituh jd kangen sama lemper buatan alm. ibuku. hiks.. hiks..
    dia dulu suka buat lemper kotak gitu...
    sayang banget aku belum sempat belajar ilmu darinya :(

    ketik2, itu tangannya comel deh.. ihik..ihik..

    ReplyDelete
  2. deethaaa..kangen juga say..pa kabar seeh??
    masih kitchen blue pow hbs lebaran qiqiqiqi??
    Iya ini enak bgt say...duuuhh gak puas2 deh..
    Itu stepnya udah lengkap buat deh..

    Tanganku ajah dah comel ya..palagi orgnya kan? kan? qiqiqiqiqi...

    ReplyDelete
  3. Lempernya pasti enak, tapi pesennya kan GPL bu alias Gak Pake Lama hahahaha dan ini lho yang buat Pake Lama karena ada acara foto2nya hehehehe

    ReplyDelete
  4. diaaan..haahahaha..bagian yg moto2 pan lain orang qiqiqiqi..
    kalo aq juga harus moto waaaa...pasti ntu kamera si aa' belepotan ketan dweeh qiqiiqi

    ReplyDelete
  5. dari kmrn saya bingung cara bungkusnya, akhirnya aneh deh hehehe....ternyata bisa juga pake nampang gitu yah..
    Salam knal :)

    ReplyDelete

thanks 4 ur comments