Tuesday, July 13, 2010

LUPIS



Makanan jajanan pasar asli Indonesia. Terbuat dr ketan n dicetak dengan daun pisang yang dibentuk segi tiga. Dimakan dengan taburan kelapa parut n gula merah cair. Yummy..manis..hidangan favorit bulan Ramadhan.

cara membungkus:
Bentuk segitiga daun pisangnya...masukkan kira2 2 sdm beras ketannya..padatkan lalu habiskan sisa daun dgn membalut segitiga tadi , terakhir kunci dengan biting...
kalo masih kurang kenceng boleh pake tali rapiaa...hahahahaha..



Setelah dibungkus, direbus, diangkat n tiriskan, kelapa parut dikukus n ditabur garam, gula merah direbus dengan sedikit santan, garam, daun pandan n larutan tepung maizena agar kental



Setelah agak dingin, buka bungkusnya, gulingkan diatas kelapa n siram dengan aer gula merah....
hmmmm....

8 comments:

  1. mau bangets...mau bangetsssss!!!!!

    ReplyDelete
  2. siniiiii....
    ayo cobain..mudah bangeeettt...

    ReplyDelete
  3. di sini gak bisa nemu daun pisang el! kelapa juga susyehhh ketemunya. jadi cuman bisa ileran

    ReplyDelete
  4. Hai hai....aduhhh el aku uda lama pengen makan lupis, tapi ga ada yang jual di sini...huaaa ketemu lupis di blog mu, kalo bole tau resepnya apa yah el? itu ketannya sebelum dibungkus daon pisang, harus di aronin ato dimasak dulu ga yah? Maapppp bawel nanya nya banyak :)

    ReplyDelete
  5. hai belzy..ketan nya mentah aja...tapi kasi garem dikit pas mo masukin kedalam cetakan daun pisang say..yang penting bitingnya kenceng jadi gak lepas waktu direbus.

    trus pas udah dingin bungkus dibuka n ketan yg udah segitiga digulingin diatas kelapa muda yg udah dikukus n dikasi garam.
    kuahnya cuma air gula merah, pandan n sedikit tepung maizena dicairin sebelum dipanasin..duh mudah banget say....

    ReplyDelete
  6. huaaa makasih yaaaa el uda diterangin cara bikinnya :). Langsung tak bikin nihhh :)...smoga berhasil yahh lupis ku....

    ReplyDelete
  7. oiya ngomong2, aku uda link blog mu el, tapi lupa ijin...heheheh :)

    ReplyDelete
  8. lho gapapa say..silahkan..aq juga ah...

    ReplyDelete

thanks 4 ur comments