Friday, January 28, 2011

cheesecake class


Minggu ini disibukkan dengan kelas cheesecake. Resepnya non baked oreo cheesecake n baked blueberry cheesecake. Makasih ma teman2 yang sudah datang, makasih juga buat yang sudah booking kelas tapi nggak datang hehehehe...sesungguhnya apa2 itu tergantung rezeki n kesempatan dari Allah...mungkin next time.

Terbagi dalam 2 sesi. Sesi satu dihadiri oleh inge, kak wan, ida n azzah. Sessi 2 bersama kak na, kak nita n kak noor. Fun! itu aja yang tersisa. Thanks 4 believing me, maaf kalo ada kekurangan ya...segala sesuatunya dilancarkan oleh latihan so rajin2 buat ye!



Ada 2 macam cheesecake yaitu baked (bakar) n non baked/chilled (tidak bakar). So kita coba 22nya ya..
Non bake/chilled biasanya menggunakan gelatin sebagai pengerasnya, maklumlah tidak dibakar. Simpan difridge seharian makin memantafkan kesolidannya. Jadi berhati2 dalam memilih kehalalan gelatin anda. Dengar2 hanya gelatin yang bubuk/serbuk ya yang halal. So gimana yang di Indonesia dong kan disana yang lembaran yak? Apapun masakan kita sebagai muslim halal adalah syarat utama. Untuk sahabat2 yang di Paka, Kerteh n Kemaman saya anjurkan untuk men cari bahan2 kue di Fast Bakery Chukai Kemaman, mereka menjamin sendiri kehalalan bahan2 yang mereka jual.

Satu lagi frenz, loyang yang kita akan gunakan adalah loyang bongkar pasang/ springfoam jadi mudah bagi kita untuk mengeluarkan cheesecake nya kelak ketika akan dimakan.

1) Resep non baked Oreo cheesecake
BAHAN:
^ 200 gr biskuit marie/ oreo/ digestive untuk base/ alas
^ 200 gr margarin cair
^ 1 bungkus panjang Oreo biskuit berkrim coklat
^ 500 gr creamcheese
^ 150 gr gula kastor
^ 2 sdt (sendok teh) gelatin
^ 250 ml whipping cream
^ perasan 1 buah air lemon
^ 3 kuning telur (pastikan kesegaran telur anda)

CARA:
^ hancurkan biskuit anda hingga halus, campurkan dengan 200gr margarin cair, tekan2 hg padat diloyang springfoam yang sudah dialas kertas minyak. simpan di fridge sebentar (sambil menunggu adonan siap)
^ kacau/ aduk creamcheese dengan mixer kecepatan sedang hingga lembut , tambahkan gula kacau lagi, tambahkan 3 kuning telur kacau rata lagi.
^ masukkan whipping cream perlahan2 sambil terus dikacau/aduk, tambahkan air perasan lemon aduk lagi.
^ didalam wadah lain, larutkan gelatin dengan 3 sdm/tbs air panas, masukkan sambil diaduk. matikan sebentar mixer anda..
^ patah2 kan 1/2 bungkus biskuit oreo anda lalu masukkan kedalam adonan creamcheese tadi, kacau rata lagi
^ keluarkan loyang berisi biskuit dr fridge/ kulkas lalu tuang perlahan adonan cheesecake tadi hingga habis.
^ hias atasnya (topping) dengan sisa 1/2 bungkus oreo tadi. lalu simpan difridge selama 6 jam atau makin lama makin bagus.
^ keluarkan oreo cheesecake dr springfoam anda dengan membuka kancing/ buttonnya.
^ Siap untuk dimakan.

2) resep baked Blueberry cheesecake

Bahan:
^ 200 gr biskuit marie/ oreo/ digestive untuk base/ alas
^ 200 gr margarin cair
^ 500 gr cheesecream
^ 150 gr gula
^ 3 buah telur
^ 200 ml whipping cream
^ air perasan dr 1 buah lemon
^ blueberry filling
^ fresh blueberry
^ fresh strawberry
^ 1/2 bungkus agar/jeli

CARA:
^ hancurkan biskuit anda hingga halus, campurkan dengan 200gr margarin cair, tekan2 hg padat diloyang springfoam yang sudah dialas kertas minyak. simpan di fridge sebentar (sambil menunggu adonan siap)
^ kacau/ aduk creamcheese dengan mixer kecepatan sedang hingga lembut , tambahkan gula kacau lagi, tambahkan 3 telur kacau rata lagi.
^ masukkan whipping cream perlahan2 sambil terus dikacau/aduk, tambahkan air perasan lemon aduk/kacau lagi.
^ masukkan separuh adonan kedalam loyang springfoam yg sudah diisi biskuit, ratakan perlahan.
^ letakkan blueberry filling sedikit2 merata diseluruh permukaan adonan, sebanyak n sesuka yg anda mau.
^ tutup dengan separuh adonan sisanya.
^ ada 2 cara pembakaran 1) au Bain marie yaitu dengan meletakkan loyang adonan cheesecake didalam wadah yang lebih besar dan berisi air. jangan lupa untuk membungkus bagian bawah loyang sringfoan anda dengan alumunium foil, supaya air tidak meresap kedalamnya. Bakar 40 menit dengan api bawah lalu 5 menit dgn api atas.
2) bakar begitu saja loyang springfoam anda yang berisi adona cheesecake tadi dengan MENGECILKAN API hingga hampir separuh yang dianjurkan. Biasanya dengan au Bain Marie digunakan 180 derajat celcius.. maka dengan pembakaran langsung gunakan hanya 100 derajat celcius saja, selama 50 menit atau 1 jam atau hingga cake sudah harum n permukaannya kekuningan, lalu bakar 5 menit lagi dengan api atas.
^ bila sudah matang, biarkan cheesecake didalam oven sehingga ia dingin, ini supaya permukaan cheesecake tidak menjadi retak2 karena perubahan suhu yang ekstrim.
^ ditempat lain..panci/periuk masak 1/2 bungkus jeli merah atau agar2 merah hingga mendidih. padamkan api, masukkan 20 buah blueberry segar n 5 buah strawberry yg sudah dipotong 4. Biarkan sebentar hingga hangat2 saja. Lalu siramkan perlahan keatas permukaan cheesecake, atur buah sedemikian rupa menurut keinginan anda.
^ simpan cheesecake didalam fridge/ kulkas semalaman atau 6 jam lebih utk hasil yang sempurna
^ buka kancing/ button loyang springfoam anda, potong cake dengan pisau yang sudah direndam air panas.
^ selamat menikmati

HINTS:
*lap pisau panas anda setiap akan mengiris cheesecake...
* bila anda memilih cara au Bain marie..gunakan air panas untuk menghemat waktu dan elektrik anda.
* simpan didalam kotak tertutup cheesecake yang belum dimakan didalam fridge/kulkas anda, karena cheese sangat mudah meresap bau makanan lain.

No comments:

Post a Comment

thanks 4 ur comments